Search here and hit enter....

Apa Alasan Untuk Mengesahkan Omnibus Law

Apa Alasan Untuk Mengesahkan Omnibus Law


Omnibus law adalah regulasi atau Undang-Undang (UU) yang mencakup berbagai isu atau topik.

Secara harfiah, definisi omnibus law adalah hukum untuk semua. Istilah ini berasal dari bahasa latin, yakni omnis yang berarti ‘untuk semua’ atau ‘banyak’.

omnibus law berkaitan atau berurusan dengan berbagai objek atau hal sekaligus, dan memiliki berbagai tujuan. Jadi, skema regulasi yang sudah dikenal sejak 1840 ini, merupakan aturan yang bersifat menyeluruh dan komprehensif, tidak terikat pada satu rezim pengaturan saja.

Jokowi menyebutkan bahwa omnibus law akan menyederhanakan kendala regulasi yang kerap berbelit-belit dan panjang. Pemerintah juga meyakini omnibus law akan memperbaiki ekosistem investasi dan daya saing Indonesia sehingga bisa memperkuat perekonomian nasional.

Omnibus law yang akan dibuat Pemerintah Indonesia, terdiri dari dua Undang-Undang (UU) besar, yakni UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Perpajakan. Omnibus law rencananya akan menyelaraskan 82 UU dan 1.194 pasal.

Apa Alasan Untuk Mengesahkian Omnibus Law 


Ada dua alasan yang dikemukakan Pemerintah. Yang pertama adalah terlalu banyaknya regulasi di Indonesia. Pemerintah beranggapan bahwa regulasi di Indonesia saat ini sudah terlalu banyak dan tidak jarang tumpang tindih. Regulasi yang terlalu banyak ini justru membuat akses pelayanan publik terhambat. Percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan pun menjadi terhambat dan sulit tercapai.
.
Alasan yang kedua adalah rendahnya indeks kualitas regulasi di Indonesia. Banyaknya regulasi di Indonesia akhirnya menghasilkan fenomena hyper regulation. Hal ini terbukti dari skala indeks regulasi Bank Dunia, yang berkisar antara -2,5 hingga +2,5. Sejak tahun 1996 hingga 2017, skor Indonesia selalu bernilai negatif atau di bawah nol. Pada tahun 2017, Indonesia berada di peringkat 92 dari 193 negara, dengan skor -,011. Jika revisi undang-undang dilakukan satu per satu, waktu yang diperlukan diperkirakan mencapai lebih dari 50 tahun.
BERIKAN KOMENTAR ()